Gubernur Sumut Lepas 3.500 Pemudik Lebaran Idul Fitri 2023

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melepas peserta 'Mudik Gratis Bermartabat' Lebaran Idul Fitri 1444/2023, dari Kantor Gubernur, Jalan Pengeran Diponegoro, Rabu (19/4/2023)

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melepas peserta ‘Mudik Gratis Bermartabat’ Lebaran Idul Fitri 1444/2023, dari Kantor Gubernur, Jalan Pengeran Diponegoro, Rabu (19/4/2023). Penyelenggara mudik gratis adalah Dinas Perhubungan Sumut’.

Dalam program mudik gratis ini, sejumlah 3.500 orang berangkat dengan jumlah 94 bus. Sedangkan tujuannya adalah Kota Medan menuju Panyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantauprapat, Gunung Tua, Sidikalang, Salak, Stabat, dan Besitang.

Gubsu Edy mengatakan, program ini untuk mempermudah kondisi masyarakat yang masih belum pulih kondisi ekonominya akibat Pandemi Covid-19. Kegiatan ‘Mudik Gratis Bermartabat’ ini juga sebagai upaya menekan penggunaan sepeda motor untuk mudik.

“Memang kondisi keuangan kita ekonomi rakyat kita kurang. Untuk itu kita suport. Ini ada kegiatan budaya kita Rakyat Sumut khususnya, setiap tahunnya itu bersilaturahmi keluarga,” kata Edy.

Mantan Pangkostrad ini menyebutkan, Pemprov Sumut juga menyediakan bekal berupa ‘snack’ dan persedian buka bersama untuk pemudik. Ia juga meminta para pemudik tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Karena Covid-19 belum ada pernyataan selesai.

“Covid ini belum usai. Tapi saya informasikan kepada mereka semua, sedapat mungkin mereka menjaga Prokes. Para pemudik dibekali, di dalam bus disiapi logistik selama perjalanan,” ungkapnya.

Rumah Pemudik

Lebih lanjut, Edy mengatakan, Pemprov Sumut dan Forkopimda juga menjamin keamanan rumah-rumah yang pemudik tinggalkan tetap aman. Ia juga mengingatkan agar para pemudik memperhatikan kondisi listrik saat meninggalkan rumah.

“Kami sudah koordinasi kemarin dipimpin Ketua DPRD, kami rapat Forkompimda, Kapolda, Pangdam, untuk memfasilitasi mengamankan rumah-rumah rakyat yang ditinggalkan,” ungkapnya.

“Saya informasikan kepada rakyat, kami akan patroli hanya di luar rumah. Untuk itu di dalam rumah, siapkan benar. Lampu listriknya, air, dan kompor, semua arus kondisi dalam posisi aman,” pungkasnya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment